Program Bimbingan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (BK TIK) MTs.Ma'arif Miftahul Hidayah Banjarwangi Kab.Garut.
Berikut ini program bimbingan TIK pada MTs.Ma'arif Miftahul Hidayah Banjarwangi Kabupaten Garut - Jawa Barat :
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kurikulum 2013 yang diberlakukan secara penuh mulai tahun ajaran 2018/2019 memenuhi kedua dimensi tersebut. Implikasi dari pernyataan tersebut adalah bahwa penyusunan dan pelaksanaan Kurikulum 2013 oleh satuan pendidkan harus memperhatikan kebutuhan, karakteristik dan potensi satuan pendidikan (internal) serta lingkungan di daerah setempat. Sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pembelajaran, Kurikulum 2013 memuat komponen-komponen yang berkaitan dengan pembelajaran. Salah satu dari komponen tersebut adalah struktur dan muatan Kurikulum. Muatan Kurikulum 2013 meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik, muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri pada satuan pendidikan.
Kurikulum 2013 dikembangkan dengan penyempurnaan pola pikir sebagai berikut :
- Pola pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada peserta didik. Peserta didik harus memiliki pilihan-pilihan terhadap materi yang dipelajari untuk memiliki kompetensi yang sama;
- Pola pembelajaran satu arah (interaksi guru-peserta didik) menjadi pembelajaran interaktif (interaktif guru-peserta didik-masyarakat-lingkungan alam, sumber/ media lainnya);
- Pola pembelajaran terisolasi menjadi pembelajaran secara jejaring (peserta didik dapat menimba ilmu dari siapa saja dan dari mana saja yang dapat dihubungi serta diperoleh melalui internet);
- Pola pembelajaran pasif menjadi pembelajaran aktif-mencari (pembelajaran siswa aktif mencari semakin diperkuat dengan model pembelajaran pendekatan sains);
- Pola belajar sendiri menjadi belajar kelompok (berbasis tim);
- Pola pembelajaran alat tunggal menjadi pembelajaran berbasis alat multimedia;
- Pola pembelajaran berbasis massal menjadi kebutuhan pelanggan (users) dengan memperkuat pengembangan potensi khusus yang dimiliki setiap peserta didik;
- Pola pembelajaran ilmu pengetahuan tunggal (monodiscipline) menjadi pembelajaran ilmu pengetahuan jamak (multidisciplines); dan
- Pola pembelajaran pasif menjadi pembelajaran kritis.
B. Tujuan
Pedoman ini disusun dengan tujuan untuk memberikan acuan bagi guru TIK atau KKPI dan satuan pendidikan dalam merancang program layanan teknologi informasi bagi peserta didik, sesama guru mata dan tenaga kependidikan di sekolah untuk memanfatkan TIK sebagai sumber dan/atau sarana belajar di sekolah
C. Jenis Kegiatan Layanan TIK
- Layanan Klasikal
- Layanan Kelompok
- Layanan Individu
D. Sasaran Bimbingan
- Membimbing peserta didik ( 110 siswa )
- Memfasilitasi sesama guru ( 16 guru )
- Memfasilitasi tenaga kependidikan ( 1 orang )
1
BAB II
KEGIATAN LAYANAN TIK
Program guru TIK atau KKPI merupakan kegiatan bimbingan dan fasilitasi yang akan dilaksanakan secara terjadwal bagi peserta didik, sesama guru dam tenaga kependidikan di sekolah.
Program layanan pembimbingan dan fasilitasi TIK atau KKPI untuk setiap periode disusun dengan memperhatikan unsur-unsur :
- Kebutuhan peserta didik, sesama guru dan tenaga kependidikan di sekolah yang diketahui melalui pengungkapan individu dalam kepeminatan peningkatan kemampuan TIK atau KKPI dan/atau berdasarkan uji kemampuan TIK atau KKPI.
- Jumlah peserta didik yang wajib dibimbing oleh guru pembimbing sebanyak minimal 150 orang;
- Bidang-bidang bimbingan meliputi hal-hal terkait dengan peningkatan kompetensi TIK atau KKPI
- Jenis-jenis layanan : layanan klasikal, kelompok, dan individu.
- Kegiatan pendukung : video pembelajaran TIK atau KKPI.
- Frekuensi layanan : setiap peserta didik mendapatkan berbagai layanan minimal lima kali dalam setiap semester, baik layanan dalam format perorangan, kelompok maupun klasikal.
- Lama kegiatan : setiap kegiatan (kegiatan layanan dan pendukung) berlangsung sekitar 2 jam.
- Waktu kegiatan : kegiatan layanan dan pendukung dilaksanakan pada jam pelajaran sekolah dan/atau diluar jam pelajaran sekolah.
- Kegiatan khusus : pada semester pertama setiap tahun ajaran baru diselenggarakan layanan orientasi kelas/sekolah bagi peserta didik baru terkait dengan kemampuan TIK
Pelaksanaan program satuan kegiatan yaitu kegiatan layanan dan kegiatan pendukung merupakan ujung tombak kegiatan bimbingan dan fasilitasi TIK atau KKPI secara keseluruhan.
Tahap-tahap yang perlu di tempuh adalah :
- Tahap perencanaan, program satuan layanan dan kegiatan pendukung direncanakan secara tertulis dengan memuat sasaran, tujuan, materi, metode, waktu, tempat dan rencana penilaian.
- Tahap pelaksanaan, program tertulis satuan kegiatan (layanan atau pendukung) dilaksanakan sesuai dengan perencanaannya.
- Tahap penilaian, hasil kegiatan diukur dengan nilai.
- Tahap analisis hasil, hasil penilaian dianalisis untuk mengetahui aspek-aspek yang perlu mendapat perhatian lebih lanjut.
- Tahap tindak lanjut, hasil kegiatan ditindaklanjuti berdasarkan hasil analisis yang dilakukan sebelumnya, melalui layanan dan atau kegiatan pendukung yang relevan.
Tugas Bimbingan BK TIK dibagi menjadi dua yaitu uraian tugas dan hasil dari uraian tugas
Uraian Tugas
Uraian Tugas
- Menyusun rancangan pelaksanaan layanan teknologi informasi dan bimbingan TIK
- Melaksanakan layanan teknologi informasi dan bimbingan TIK per semester untuk : Peserta didik, Guru dan Tenaga kependidikan
- Mengevaluasi proses dan hasil layanan teknologi informasi dan bimbingan TIK
- Menganalisis hasil layanan teknologi informasi dan bimbingan TIK
- Melaksanakan tindak lanjut hasil evaluasi dengan memperbaiki layanan teknologi informasi dan bimbingan TIK
- Menjadi pengawas penilaian dan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar tingkat sekolah dan nasional
- Mengembangkan sistem informasi manajemen sekolah berbasis teknologi informasi
- Membimbing peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler
- Melaksanakan pengembangan diri
Hasil
- Rencana Pelaksanaan layanan TIK *
- Laporan Layanan TIKuntuk peserta didik, guru dan tenaga kependidikan **
- Instrumen evaluasi Layanan TIK*
- Data hasil evaluasi Layanan TIK *
- Data hasil analisis *
- Program tindak lanjut *
- Laporan pengawasan *
- Program pengembangan **
- Laporan kegiatan bimbingan ekstrakurikuler *
2
BAB III
PENUTUP
Peran guru TIK dan guru KKPI dalam pelaksanaan kurikulum 2013 sangat penting. Pemenuhan tugas guru TIK dan Guru KKPI sebagai beban kerja yang dapat diekuivalenkan dengan kewajiban mengajar paling sedikit 24 jam tatap muka dalam 1 (satu)minggu merupakan persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang guruTIK dan KKPI sesuai ketentuan.
Keberhasilan pemenuhan beban kerja guru TIK dan KKPI sesuai dengan ketentuan sangat bergantung pada pemahaman, kesadaran, keterlibatan dan upaya sungguh-sungguh dari segenap unsur yang terkait
B. Saran
Agar semua komponen sekolah dapat bekerja sama dengan baik agar program kerja ini bisa berjalan secara efektif. Segala saran dan kritik diperlukan guna perbaikan untuk masa yang akan datang
Ijim copy mas
ReplyDeleteWowww...
ReplyDeleteGoodjob bro...